Minggu, 07 Februari 2010

10 TIPS TERBEBAS DARI UTANG untuk Pebisnis Pemula


1. KENALI UTANG
Anda hars mengenali utang agar bisa mempercepat pembayarannya. Pada dasarnya ada 2 jenis utang : Utang Buruk dan Utang Baik. Pembelian kulkas, televise atau elektronik lain melalui kartu kredir tergolong utang buruk. Sedangkan pinjaman uang untuk modal membuat warung depan rumah termasuk utang baik. Kenapa utang baik? Karena anda bisa menyicil pembayaran dari hasil warung. Jadi pelunasan yang harus diprioritaskan adalah utang buruk.

2. DAFTAR UTANG
Coba anda ingat, kepada siapa saja utang harus dibayar. Catatlah dengan rapi. Walau terkesan klasik, tapi cara ini membantu anda mengorganisir pembayaran utang.

3. UTANG PRIORITAS
Jika dagtar utang sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah menyusun daftar utang prioritas . Memang betul semua hutang harus dibayar namun bila anda dalam satu bulan ini membayar semua tentu anda akan kekurangan biaya hidup sehari-hari. Prioritaskan hutang yang memiliki bunga paling besar.

4. JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG
Jika anda mempunyai utang yang harus dibayar 1 tahun kedepan, bayarlah dulu utang itu. Kalau tidak anda bisa terbelit bunga yang makin menumpuk. Prioritaskan utang jangka pendek dulu baru utang jangka panjang.

5. PERENCANAAN KEUANGAN
Dengan perencanaan keuangan yang matang, akan terlihat kebutuhan yang perlu didahulukan dan kebutuhan yang dapat ditunda.

6. DISKUSI DENGAN PASANGAN
Iasakan berdiskusi dengan pasangan ketika menyusun daftar utang dan perencanaan kenuangan. Dengan begitu ketika ada masalah, anda dapat menyelesaikan bersama. Dua kepala tentu lebih baik daripada satu kepala, bukan?

7. BERHENTI MEMAKAI KARTU KREDIT
Walau bukan biang masalah, kartu kredit membuat anda terbelit utang. Kalau punya kartu kredit anda akan tergoda untuk berbelanja walau anda tidak punya uang. Harus diingat kartu kredit bukan membantu anda berbelanja melainkan membantu anda untuk berhutang. Jadi tidak usah segan-segan berhenti memakai kartu kredit sekarang juga.

8. JANGAN BERUTANG KEMBALI
Kalau utang yang anda bayar belum selesai janganlah berutang kembali, ingatlah selalu dampak utang ketika anda berutang kembali.

9. JANGAN MENUNDA
Utang tetaplah utang. Jika anda mempunyai kesempatan untuk membayar, langsung lunasi. Walaupun yang anda utangi adalah keluarga sendiri.

10. NIAT
Semua point di atas tidak akan pernah berhasil jika anda tidak mempunyai niat untuk membayar utang. Niatkan bahwa anda harus segera melunasi semua utang tersebut. Jika niat sudah bulat pasti aka nada jalan keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar