Senin, 22 Juni 2009

Bisnis Dengan Modal Kecil - Part 1

Berikut adalah beberapa contoh bisnis dengan modal kecil yang bisa anda lakukan dirumah, semoga bermanfaat....

Bisnis Design Blog

Kalau kamu pintar dan familiar sama internet? Coba bikin blog yang bagus, dengan variasi dan modifikasi template yang penting enak diliatin. Nah bikin beberapa sample project, kemudian tawarkan ke teman, kenalan, dll via direct, atau via email, chating, dll, dengan minta "ongkos lelah" pengganti biaya utak-atik dan online internet. Lumayan, blog-blog dari situs gratisan itu nantinya bisa buat semacam "diary" bagi si empunya di dunia cyber, buat naruh kumpulan puisi keq, apa cerpen, karya tulis bahkan bisa jua untuk menjual produk mereka, harga bisa disesuaikan dengan tingkat kesultan template, etc.

Bisnis Design WEB

Bila kamu bisa membuat WEB daripada cuma sekedar blog, ini akan menjadi bisnis yang bagus bila, penawaran anda diajukan bukan hanya saat pembelian pertama tapi juga akan terus berkesinambungan tiap tahun untuk perpanjangan kontrak kerjasama antara anda sebagai Web Design dengan Customer anda, si pemilik WEB.
Anda juga dapat menjual Domain dan Hosting kepada customer anda melalui jasa penjual Domain dan Hosting yang telah bekerjasama dengan anda, dalam hal ini anda akan mendapatkan komisi penjualan Domain dan Hosting dari hasil pembelian para Customer anda.

Bisnis Design Grafis

Ide lain: kamu mahir grafis dan punya sense of art? Coba bikin usaha setting dan cetak grafis : nerima order bikin nota, kartu nama, undangan nikahan, poster-poster acara/kegiatan, pamflet, leaflet, de el el. Modalnya, bisa program CorelDraw dan Photoshop, tambah yang lain-lain juga boleh. Terus punya komputer di rumah. Kalau anggaran minim, coba spek begini : Pentium III-800/RAM 256/HD 20 atau 40 GB/CDR/FDD/USB support/VGA 32 MB, monitor 15 inch digital. Kalau ada uang lebih spesifikasi bisa ditambah atau upgrade printer yang lebih bagus. Masalah cetaknya bisa di reorder ke percetakan. Jadi posisi usaha kita di pre-printing (pra cetak), olah design sebelum cetak. Bikin aja plang nama usaha di depan rumah, atau di tempat yang strategis. Anda harus memiliki wawasan seputar dunia cetak mencetak, semisal : print kalkir, kalkir balik, paper plate, aluminium plate, film, dsb. Cari tahu tempat belanja kertas yang murah, jasa bikin plate yang murah, film yang murah, cetak yang murah, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar